Total Tayangan Halaman

Kamis, 29 Desember 2011

cara koreksi warna dan cahaya



Tutorial Photoshop -  kali ini saya akan membahas bagaimana cara edit photoshop untuk mengkoreksi warna dan cahaya pada foto yang di ambil di dalam ruangan pada malam hari dan dalam kondisi  yang minim cahaya. kebetulan hari rabu tanggal 6 April 2011 kemarin saya menghadiri pertemuan KOPDAR ROADBLOG IDBLOGNETWORK PALEMBANG yang bertempat di KFC Kambang Iwak Palembang. saya Abadikan pertemuan itu dengan Kamera Pocket Sony DSC W-310 tanpa Flash hanya mengandalkan Lampu di KFC tersebut. bukan tanpa alasan saya tidak menghidupkan Flash pada Kamera Pocket saya, karna dengan menghidupkan lampu Flash pada kamera pocket untuk membidik foto dalam keadaan gelap hanya akan menghilangkan background dari foto, ini contoh jepretan Sony DSC W 310 dengan menggunakan Flash

Anton - Pemimpin Redaksi Dapunta.Com &Kukuh TW - Technical Director idblognetwork
Saya akan memberi Perbandingan foto pada tempat yang sama tanpa flash, yang hasilnya akan lebih realistis di bandingkan dengan kita menghidupkan lampu flash pada kamera pocket.

Sandy Prayoga Penulis sandyprayoga.com &Kukuh TW - Technical Director idblognetwork
<p>Your browser does not support iframes.</p>
terlihat perbedaan yang sangat besar di kedua foto ini, perhatikan background di belakang objek, lampu-lampu jalan tampak lebih terlihat di bandingkan foto pada saat kita menghidupkan lampu flash, untuk mengkoreksi warna kekuningan saya pernah membahas nya pada postingan Memaksimalkan Photo dari Kamera Handphone
kali ini saya akan menulis bagaimana cara menaikkan tingkat kecerahan foto yang di ambil dalam kondisi kurang cahaya.

STEP 1
sebagai contoh sayang menggunakan foto Mas Kukuh TW bersama Rozat Rifai pemilik sanggarseo.blogspot.com

Rozat Rifai pemilik sanggarseo.blogspot.com & Kukuh TW - Technical Director idblognetwork
Langsung dah... arahin mouse nya ke Image - Adjusments - Shadow/Highlight, untuk mengkoreksi gelap kita hanya memerlukan opsi Shadow pada Shadow/Highlight, Atur Amount Shadow, Tonal Width dan Radius Shadows nya, nga usah berpatokan pada nilai yang saya masukan pada gambar, silahkan berexplorasi sendiri.


Hasil dari pengaturan Shadow/Highlight kira-kira akan seperti ini :


STEP 2
menaikkan tingkat contras foto. efek dari menaikkan kecerahan foto dengan fitur Shadow maka tingkat contras dari foto akan berkurang. langsung tambahin dech tingkat contras nya. Image - Adjusments - Brightness/Contrast



STEP 3
koreksi warna. fitur yang akan kita gunakan disini Photo Filter dan Color Balance, Photo Filter untuk menurunkan warna kuning pada foto, dan color balance untuk menyelaraskan warna pada foto.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar