Total Tayangan Halaman

Kamis, 08 Desember 2011

Membuat Laporan Dengan DATA REPORT


Sekarang kita latihan bagaimana caranya membuat laporan dengan Data Report yang ada pada Microsoft Visual Basic. Memang hasil laporannya tidak terlalu bagus dibandingkan dengan Crystal Report, tapi jika anda bisa mengolahnya pasti tidak akan kalah. Cara membuatnya pun tidak terlalu susah. Ikuti langkah langkah berikut ini:
- Buka Project dan Form dari program Visual Basic yang ingin dibuat laporannya.
- Yang akan kita lakukan pertama kalinya adalah membuat data environment nya dahulu.
- Pada bagian menu pilih PROJECT. Lalu pilih ADD DATA ENVIRONMENT. Jika belum ada maka klik kanan pada Toolbox lalu pilih Components. Lalu pada bagian Designers beri tanda checklist pada Data Environment. Tekan Apply dan Oke.
- Setelah Add Data Environment dipilih, maka akan muncul Data Environment 1.
- Di layar Data Environment, klik kanan pada CONNECTION1. lalu pilih PROPERTIES.
- Di layar Link Properties, pilih MICROSOFT JET 4.0 OLE DB PROVIDER. Lalu klik tombol NEXT.
- Di bagian CONNECTION, cari dan pilih atau masukan database anda dengan cara menekan tombol yang ada di nomor 1 (select or enter database name).
- Tekan tombol TEST CONNECTION apakah koneksi ke database tersebut telah berhasil dilakukan atau belum.
- Jika berhasil, maka akan muncul bahwa koneksi telah sukses. Tekan tombol Oke pada pesan tersebut.
- Lalu tekan tombol OKE yang ada di layar Data Link Properties.
- Selanjutnya klik kanan pada Connection1 lalu pilih ADD COMMAND. Maka akan muncul Command 1.
- Lalu klik kanan pada Command 1 tersebut dan pilihlah properties.
- Command Name diganti jika perlu saja.
- Pada bagian connection, pilihlah connection 1.
- Lalu di bagian SOURCE OF DATA gantilah DATABASE OBJECT menjadi TABLE.
- Sedangkan bagian OBJECT NAME nya gantilah dengan nama table yang anda buat.
- Tekan APPLY dan OKE.
- Perhatikan pada layar Data Environment terlihat bahwa sekarang di dalam Command 1 terdapat field field Table yang akan kita buat laporannya (klik tanda plus).
- Kalau barusan kita membuat Data Environmen yang digunakan sebagai penghubung ke Database, maka sekarang kita membuat Data Report nya.
- Pada bagian menu pilih PROJECT. Lalu pilih ADD DATA REPORT. Jika belum ada maka klik kanan pada Toolbox lalu pilih Components. Lalu pada bagian Designers beri tanda checklist pada Data Report. Tekan Apply dan Oke.
- Setelah Add Data Report dipilih, maka akan muncul layar Data Report 1.
- Letakkan atau Drag semua field yang ada di Command 1 (tempatnya di Data Environment 1) ke dalam Layar Data Report pada bagian DETAIL.
- Perhatikanlah setelah field tersebut di drag, terdapat 2 bagian field disana yaitu yang ada di sebelah kiri (Label) dan yang ada di sebelah kanan (Textbox).
- Pindahkan semua label (bagian kiri) ke bagian PAGE HEADER dari Data Report.
- Sedangkan untuk semua Textbox (bagian kanan) pindahkan tepat dibawah label dari masing masing textbox tersebut tapi tetap di pada bagian DETAIL.
- Jika perlu anda juga bisa menambahkan judul laporan pada REPORT HEADER dengan menggunakan RPTLABEL yang ada di Toolbox Data Report.
- Selanjutnya kita harus menyambungkan Data Report tersebut dengan Data Environment yang telah dibuat sebelumnya. Caranya adalah klik pada bagian atas Data Report tersebut (bagian ini terletak dibawah bagian atas dari layar Project 1 Data Report 1).
- Pada bagian Propertiesnya gantilah hal hal berikut:
Data source: Data Environment
Data member: Command 1
- Untuk tahap akhir jalankan Data Report tersebut tentunya dengan cara pilih PROJECT yang ada di bagian menu lalu pilih PROJECT PROPERTIES. Dan pada bagian STARTUP OBJECT, diganti menjadi nama Data Report yang barusan kita buat (Data Report 1). Tekan Oke.
- Hasil dari laporan tersebut akan tampil.
- Sekarang tergantung anda sendiri jika anda pintar dalam mendisain atau memperbagus bentuk dari laporan ini, maka pasti laporan tersebut menjadi kelihatan lebih indah.
Demikianlah cara membuat laporan dengan Data Report pada Microsoft Visual Basic. Selamat mencoba tutorial ini dan saya doakan mudah mudahan berhasil.
Jangan lupa untuk melihat tutorial saya yang lain yang berjudul membuat laporan dengan Crystal Report, Insya Allah bermanfaat. Amin. Wassalamualaikum !!!
By: OPIX HOLMES
opix.holmes@yahoo.com
www.islamicunderground.wordpress.com
vb-data-report

Tidak ada komentar:

Posting Komentar