Total Tayangan Halaman

Selasa, 29 November 2011

Resep Mayones

MAYONES UNTUK USAHA Resep Mayones Untuk Usaha

Bahan Mayones:
  • Modified starch sauce, 2 sendok makan
  • Air, 150 ml
  • Kuning telur, 2 butir
  • Salad oil / minyak sayur, 650 ml
  • Cuka masak / air jeruk, 1 sendok teh
  • Mustard, 1/4 sendok teh
  • Garam, secukupnya
  • Gula pasir, secukupnya
  • Merica bubuk, 1/4 sendok teh
Cara membuat Mayones Untuk Usaha :
  1. Campur modified starch dan air, aduk rata.
  2. Masak di atas api kecil sambil diaduk hingga mendidih dan kental. Angkat dan pindahkan dalam kom adonan. Aduk atau kocok agar cepat dingin.
  3. Masukkan kuning telur dan mustard, aduk rata.
  4. Tuang salad oil sedikit demi sedikit bergantian dengan cuka/air jeruk sambil terus dikocok hingga rata dan kental.
  5. Masukkan bahan yang lain, aduk rata.
  6. Mayones siap digunakan.
Untuk 600 gram Mayones
Tips Mayones :
  • Modified starch sauce bisa diganti dengan tepung maizena atau tepung tapioka tetapi kekentalannya tidak bisa stabil.
  • Mayones yang pengentalnya terbuat dari tepung maizena / tapioka sebaiknya segera digunakan / dikonsumsi tidak lebih dari satu hari.

Cara Bikin Nata De Coco

Pasti para pembaca sekalian pernah menikmati segarnya es nata de coco. Apalgi kalau sedang berbuka, wuih, luar biasa. Nata de coco merupakan hasil fermentasi air kelapa dengan bantuan mikroba Acetobacter xylinum, yang berbentuk padat, berwarna putih, transparan, berasa manis dan bertekstur kenyal. Selain banyak diminati karena rasanya yang enak dan kaya serat, pembuatan nata de coco pun tidak sulit dan biaya yang dibutuhkan tidak banyak sehingga dapat dilakukan di rumah, pasti bangga dong makan nata de coco buatan sendiri, mau mencoba?……
Nah berikut langkah-langkah singkat dan praktis dalam membuat nata de coco, selamat mencoba!!!
eitt, sebelumnya siapkan dahulu bahan-bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan nata de coco antara lain:
  1. 100 liter air kelapa
  2. 100 gram(gr) gula pasir
  3. 500 gram (gr) ZA
  4. 50 mili liter (ml) asam cuka/ asam asetat
  5. 1 sendok makan asam sitrat
Langkah Kerja dalam pembuatan nata de coco antara lain meliputi:
  1. Menyaring 100 liter air kelapa, kemudian ditambahkan dengan:
    1. 100 gr gula pasir
    2. 500 gram (gr) ZA
    3. Mendidihkan campuran bahan-bahan nomor 1 di atas, kemudian mematikan api kompor, dan menambah campuran tersebut dengan  50 mili liter (ml) asam cuka/ asam asetat.
    4. Pembuatan starter
      1. Mensterilisasi botol, dengan cara memasukkan air campuran air kelapa yang telah mendidih ke dalam botol hingga setinggi leher botol dan membiarkannya selama kurang lebih 5 menit, kemudian menuangkan isi air kelapa dan mendidihkannya kembali sedangkan botolnya ditutup dengan koran yang telah disterilkan.
      2. Memasukan air kelapa yang sudah didihkan pada nomor 2 sebanyak 600 ml, kemudian menutupnya dengan kertas koran dan membiarkannya hingga dingin (memeramnya selama ± 1 hari).
      3. Setelah dingin (± 1 hari), menambahkan starter yang berumur 6 hari ke dalam botol berisi campuran air kelapa yang telah didinginkan tadi (1 botol stater digunakan untuk 5–6 botol), dan memeramnya kembali selama kurang lebih 6 sampai 7 hari.
    5. Pembuatan Nata de Coco
      1. Menyiapkan nampan yang telah disterilisasikan (melalui pemanasan oleh sinar matahari/pencelupan nampan bersih ke dalam air panas).
      2. Memasang karet gelang pada bagian tengah nampan hasil sterilisasi.
      3. Memasukkan air kelapa hasil pendidihan (seperti poin 2) ke dalam loyang ± 1—1,5 liter di setiap loyang, kemudian menutupnya dengan koran dan mengikatnya dengan karet ban. Setelah itu dibiarkan hingga dingin (memeramnya selama ± 1 hari).
      4. Setelah dingin (± 1 hari) dilakukan inokulasi yaitu menambahkan starter  yang berumur 6 hari ke dalam loyang berisi campuran air kelapa yang telah didinginkan tadi (diperam), dan memeramnya kembali selama 7 hari.
NB: Agar bakteri Acetobacter xilynum dapat bekerja dengan baik, yaitu mengubah glukosa menjadi selulose atau dalam pembentukan lapisan nata maka kondisi lingkungan disekitarnya juga harus mendukung. Salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan dalam pembuatan nata de coco yaitu kondisi peralatan serta ruangan yang cukup steril. Apabila kondisi ruangan kurang steril sehingga memungkinkan sirkulasi udara berjalan seperti biasa maka peluang untuk terjadinya kontaminasi pada nata yang diproduksi cukup besar, begitu pula jika peralatan yang digunakan kurang steril maka juga dapat menimbulkan kontaminasi (kerusakan pada lapisan nata yang diproduksi).
Nah, jika nata dirasa telah terbentuk, sekarang tinggal dipanen, berikut cara-cara pemanenannya:
  1. Pemanenan Nata
    1. Nata yang terbentuk diambil dan dibuang bagian yang rusak (jika ada), lalu dibersihkan dengan air (dibilas). Kemudian direndam dengan air bersih selama 1 hari.
    2. Pada hari kedua rendaman diganti dengan air bersih dan direndam lagi selama 1 hari.
    3. Pada hari ketiga nata dicuci bersih dan dipotong bentuk kubus (ukuran sesuai selera) kemudian direbus hingga mendidih dan air rebusan yang pertama dibuang.
    4. Nata yang telah dibuang airnya tadi, kemudian direbus lagi dan ditambahkan dengan satu sendok makan asam sitrat.
    5. Pengolahan
      1. Jika ingin dimasak sebagai campuran es buah, nata hasil point 5 d, ditambah dengan gula dan sirup sesuai selera.
      2. Jika ingin digunakan dilain hari dapat disimpan di dalam lemari es.
    6. Pengemasan Nata
      1. Nata hasil 5 d dimasukkan ke dalam plastik dalam kondisi masih panas (mendidih) dan diusahakan tidak terdapat gelembung udara dalam kemasan.
      2. Plastik (kemasan) ditutup rapat dengan karet atau sealer.
      3. Nata siap dipasarkan.


      CARA 2

      nata de coco1 Resep Pembuatan Nata de Coco

      Resep Pembuatan Nata de Coco

      Nata de coco merupakan makanan hasil fermentasi air kelapa oleh bakteri Acetobacter xylium. Bakteri inilah yang merubah air kelapa menjadi serat selulosa. Berikut resep dan cara membuatnya :
      Bahan yang diperlukan :
    7. Air kelapa 2 ½ liter
    8. Gula pasir 200 gr
    9. Pupuk ZA (urea) ½ sendok makan
    10. Asam cuka glacial (CH3COOH ) ½ sendok makan
    11. Bibit/starter bakteri Acetobacter xylium 200 ml (Bisa diperoleh di laboratorium pertanian)
    Cara Membuat Nata de Coco :
  2. Rebus semua bahan kecuali bibit bakteri dan asam. Saring dan dinginkan dalam suhu 25-30oC. Tambahkan bakteri Acetobacter xylium dan asam cuka, aduk rata. Tuang campuran ini dalam baskom atau loyang pelastik hinga ketinggian air 2 cm. Tutup atasnya dengan kain kasa atau kertas. Inkubasikan/fermentasikan selama kurang lebih 1 minggu dalam suhu ruang dan di tempat yang gelap.
  3. Setelah terbentuk lapisan nata, angkat lapisan yang menyerupai agar-agar ini. Potong-potong dan rendam dalam air bersih hingga rasa asamnya hilang.
  4. Agar lebih tahan lama, rebus nata selama 5-10 menit. Rendam dalam larutan sirup gula atau sirup buah aneka rasa.
  5. Kemas sesuai selera.
Note :
Perhatikan kebersihan alat dan tempat yang digunakan karena sangat mempengaruhi keberhasilan nata de coco.

Minggu, 27 November 2011

Menjumlahkan nilai teks berdasarkan kriteria sebagian teks dengan SUMIF dan COUNTIF

Postingan ini merupakan kelanjutan dari postingan sebelumnya tentang fungsi teks di excel. Dalam postingan sebelumnya dibahas tentang cara memilih sebagian teks yang terdapat dalam sebuah sel. Tulisan ini masih berkaitan erat dengan posting sebelumnya. Dalam pembahasan kali ini akan dibahas cara menghitung nilai dan jumlah teks yang proses perhitungan berdasarka kriteria sebagian teks yang terdapat dalam sel. Beberapa penggunaan SUMIF dan COUNTIF pernah saya bahas disini belajar excel dan belajar excel 2007

Untuk lebih mudahnya bisa lihat contoh di bawah ini:
Diketahui :
Dalam sebuah perpustakaan kawasan tertinggal terdapat beragam buku. Buku tulis ada 5 buah, Buku gambar pinokio ada 8 buah, Buku harian ada 3 buah, Novel remaja ada 2 buah, Novel sejarah 6 buah. (Tentunya di perpustakaan tersebut masih banyak buku lain , silahkan ditambah sendiri untuk pengembangan formula excel, dalam contoh ini hanya tediri dari beberapa buku di atas)

Ditanyakan:
Berapa jumlah buku
Berapa jumlah novel
Berapa banyak jenis buku
Berapa banyak jenis novel

Jika datanya hanya beberapa baris mungkin masih mudah untuk menghitung secara manual, namun bagaimana jika datanya bertambah menjadi ratusan hingga ribuan baris, tentunya perhitungan dengan cara manual masih bisa dilakukan namun lebih efektif jika menggunakan software excel.

Untuk menyelesaikan kasus di atas buat tabel seperti di bawah ini

1. Tabel data



2. Lakukan perhitungan jumlah buku
a. Untuk menghitung jumlah buku, di D11
=SUMIF($A$3:$A$7,"*"&C11&"*",B3:B7)
Formula di atas berarti  jumlahkan semua nilai pada range B3:B7 jika sel pada range A3:A7 memenuhi kriteria  *C11* atau *Buku*
b. Untuk menghitung jumlah novel di D12
=SUMIF($A$3:$A$7,CHAR(42)&C12&CHAR(42),$B$3:$B$7)
Rumus di atas sama pada rumus 2a, namun menggunakan ASCI Code  dengan rumus lakukan penjumlahan nilai pada range B3:B7 jika kriterianya CHAR(42)&C12&CHAR(42) atau sederhananya *Novel*   dimana tanda bintang (*) adalah karakter ke 42 dalam code ASCII

3. Lakukan perhitungan jenis buku
a. Di sel D15 ketik rumus
=COUNTIF($A$3:$A$7,"*"&C11&"*")
b. Di D16 ketik formula
=COUNTIF($A$3:$A$7,"*"&C12&"*")
Rmus pada 3a dan 3b  hampir sama pada rumus 2a dan 2b, namun pada COUNTIF hanya melakukan pencacahan sedangkan pada SUMIF  melakukan penjumlahan berdasarkan kriteria, jika tidak sesuai kriteria akan dibaikan.


Cara menggabungkan fungsi if dan vlookup di excel 2007

Beberapa fungsi logika yang tersedia di excel 2007 dan sering digunakan adalah fungsi AND, FALSE,IF,IFERROR,NOT,OR,TRUE. Dalam postingan kali ini akan dibahas tentang salah satu dari fungsi logika tersebut yaitu penggunaan fungsi IF. Atau lebih detailnya Fungsi IF digabungkan dengan fungsi VLOOKUP.

Salahsatu keunggulan excel 2007 adalah kemudahan yang ditawarkan untuk menggabungkan fungsi-fungsi yang tersedia tanpa perlu khawatir dengan compatibiltas fungsi tersebut.

Jika dalam contoh sebelumnya saya menggunakan fungsi IF dengan satu buah tabel referensi bisa dilihat disini Fungsi IF VLOOKUP , Dalam contoh ini akan digunakan dua buah tabel referensi .


Untuk menggabung fungsi IF dan VLOOKUP bisa ikuti prosedur berikut :

1. Buat tabel kerja dan dua buah tabel referensi, sederhananya seperti gambar di bawah ini :
 Kosongkan kolom D dan E karena nantinya akan diisi dengan formula







2. Dalam sel D4 akan berisi formula yang menggunakan fungsi VLOOKUP , fungsi VLOOKUP ini akan mengecek nilai pada sel C4 selanjutnya akan mencocokkan dengan nilai pada range G4:I7, jika menemukan nilai yang sama maka sel D4 akan diisi dengan nilai referensi yang ada di kolom H (kolom kedua dalam range G4:I7)
Di sel D4 ketik formula berikut :
=VLOOKUP(C4,$G$4:$I$7,2)

Di sel E4 ketik penggabungan formula IF dan VLOOKUP berikut
=IF(B4=2010,(VLOOKUP(C4,$G$4:$I$7,3,0)),(VLOOKUP(C4,$G$10:$I$13,3,0)))
Hasilnya akan tampak seperti di bawah ini


Formula pada sel E4 jika diterjemahkan ke dalam bahasa manusia kira-kira bunyi perintahnya seperti di bawah ini:
Jika sel B4 bernilai 2010 maka gunakan fungsi vlookup pada sel E2 dengan tabel referensi pada range G4:I7 (G$4:$I$7, tanda $ menandakan alamat absolut), selanjutnya cocokkan nilai P001 pada sel C4 dengan nilai yang ada pada range G4:I7, jika ditemukan nilai yang sama maka ambil nilai yang ada pada kolom ke 3 pada range G4:I7 kemudian masukkan ke dalam sel E4
Jika sel B4 tidak bernilai 2010 maka terapkan fungsi VLOOKUP pada range $G$10:$I$13 dengan prosedur seperti saat B4 bernilai true namun tabel referensi pada range $G$10:$I$13

Kira-kira seperti cerita pendek di atas excel menerjemahkan perintah tentang penggabungan fungsi IF dan VLOOKUP. Silahkan dikembangkan dengan menggunakan logika dan kasus yang lebih kompleks misalnya tabel referensi lebih dari 2 , variable di kolom B lebih dari 3 , atau tabel referensi berada pada sheet yang berbeda dengan tabel kerja.

Cara mengedit tampilan persamaan kurva /grafik di excel

Terkadang tampilan equation pada grafik /kurva yang sudah dibuat di excel belum sesuai dengan format equation yang diinginkan, misalnya : persamaan yang tampil y = x2 + 2E-14 , sedangkan persamaan kuadrat yang umum dikenal menggunakan format y = x2 ,Untuk mengatur tampilan tersebut bisa saja anda mengatur secara manual dengan melakukan double klik pada persamaan yang ada di plot area tersebut, namun bisa juga dengan melakukan pengaturan "Format Trendline Label".

Catatan: Postingan ini adalah kelanjutan dari postingan sebelumnya tentang cara membuat grafik di excel. Sebelum membaca lebih lanjut postingan di bawah ini sebaiknya baca terlebih dahulu postingan awalnya disini cara membuat grafik pada excel

Contoh persamaan grafik yang ingin diubah bisa dilihat di bawah ini




Selanjutnya, untuk lebih mudahnya silahkan ikuti prosedur di bawah ini,
1. Klik kanan pada box equation y = x2 + 2E-14
pilih Format Trendline Label

2. Saat window Format Trendline Label tampil , pada sisi kiri window pilih Number, Dalam Number category pilih Number
Pilih Close


3. Hasilnya akan terlihat seperti di bawah ini


Artikel Terkait:

Menampilkan bingkai grafik di excel 2007

Disaat membuat grafik di excel, biasanya frame border tidak tampil pada sisi kanan plot area. Bingkai grafik tersebut dapat dibuat dengan menggunakan border color dan solid line pada format plot area. Dalam gambar di bawah ini bingkai grafik sisi kanan tidak tampak.

Gambar grafik berikut adalah gambar grafik yang dibuat dengan menggunakan type scatter graph, yang pembuatannya pernah saya bahas disini excel grafik.



Untuk menampilkan bingkai grafik tersebut silahkan ikuti prosedur berikut:

1. Klik pada plot area, hingg di pojok tiap border muncul bulatan kecil .
Selanjutnya klik kanan pada plot area , pada popup menu pilih Format Plot Area


2.Pada bagian Boder Color, pilih Solid line
Klik Close

3. Hasilnya akan tampak seperti gambar di bawah, bingkai grafik di sisi sebelah kanan sudah tampak.

Cara membuat kurva parabola di excel

Dalam ilmu matematika dikenal berbagai macam grafik/kurva diantaranya kurva linier (garis lurus), kurva lingkaran, kurva ellips , parabola, hiperbola, logaritma, eksponensial , kurva sinusoidal, cosinus, tangensial dan berbagai kurva lainnya. Pada dasarnya semua kurva tersebut dapat dibuat dengan menggunakan microsoft excel. Dalam postingan kali ini khusus dibahas tentang cara membuat kurva parabola di excel 2007.

Untuk membuat kurva parabolic di ms excel, silahkan ikuti prosedur berikut:

1. Buat tabel data seperti di bawah ini
a. Kolom A berisi data yang diketik secara manual
Data Kolom B bisa diketiik manual, atau menggunakan rumus berikut
=A3^2
Catatan : Data di kolom B merupakan hasil kuadrat dari data pada kolom A

b. Blok sel pada range A3:B13
Pilih Insert - Scatter - pilih type scatter yang tidak bergaris (lihat panah merah)




2. Saat grafik berikut tampil, klik pada titik data selanjutnya klik kanan kemudian pilih Add trendline
3. Akan muncul kotak dialog Format Trendline
Pilih Trendline Options
Pada bagian Trend Regression Type pilih Polinomial
Centang "Display equation on chart"

4. Hasilnya akan terlihat seperti di bawah ini

5. Dengan menggunakan persamaan berikut pada sel C3
=(A3^2)+(2*A3)+4
Selanjutnya ulangi proses /langkah 1 sampai 3 di atas maka akan diperoleh grafik seperti di bawah ini



Contoh file excelnya bisa didownload disini parabola graph

Untuk mengatur grafik agar lebih rapi bisa dilihat beberapa pengaturan pada grafik berikut :

fungsi CountIf

ungsi CountIF di excel 2007

Fungsi countif digunakan untuk menghitung /mencacah sebuah sel/range berdasarkan kiteria tertentu
Untuk lebih mudahnya bisa lihat contoh di bawah ini. Kita akan menguhitung banyaknya siswa yang memperoleh nilai A, B,C, D dan E

1. Buat tabel berikut



2. Di sel  ketik formula

Di sel C14 ketik formula :  =COUNTIF(C4:C12,"A")
Di sel C15 ketik formula :  =COUNTIF(C4:C12,"B")
Di sel C16 ketik formula :  =COUNTIF(C4:C12,"C")
Di sel C17 ketik formula :  =COUNTIF(C4:C12,"D")
Di sel C18 ketik formula :  =COUNTIF(C4:C12,"E")



Dari tabel terlihat banyaknya soswa yang mendapat nilia A =3 orang , B 3 orang, C D dan E masing-masing 1 orang. Fungsi countif tentunya kan bermanfaat jika datanya terdiri dari ratusan record, jika hanya belasan saja mungkin lebih baik dihitung manual.

File excelnya bisa didownload disini Fungsi CountIF di excel 2007 (9 KB)

Fungsi Hlookup sederhana

Fungsi Hlookup hampir sama dengan vlooukup, tetapi tabel referensinya disusun secara horisontal.

Berikut contoh penggunaan hlookup

1. Buat tabel kerja dan tabel referensi

2. Masukkan formula berikut:
a. Pada sel B5 ketik:
=HLOOKUP(A5,$F$4:$I$6,2,0)
b. Pada sel C5 ketik:
=HLOOKUP(A5,$F$4:$I$6,3,0)
c. Copy formula dari baris 5 ke 16
3. Hasilnya seperti gambar di bawah




Buat teman-teman pengguna microsoft excel 2007. Penggunaan fungsi hlookup di bisa dilihat panduannya disini fungsi hlookup excel 2007

Fungsi IF Nested dan Text untuk menghitung gaji pegawai

Dalam bahasan kali ini kita akan mencoba mempelajari tentang penggunaan fungsi if bersarang (if nested) yang digabungkan dengan fungsi text untuk menghitung gaji pegawai.
Adapun data dan persyaratan yang akan digunakan dapat anda lihat pada bagian A sampai E di bawah ini.

A. GOLONGAN
jika kode pegawai = A1 golongan 1
jika kode pegawai = B2 golongan 2
jika kode pegawai = C3 golongan 3
jika kode pegawai = D4 golongan 4

B. JABATAN
jika kode pegawai=DIR maka JABATAN=DIREKTUR, mendapat GAPOK 2500000 dan TUNJANGAN 1000000
jika kode pegawai=STA maka JABATAN=STAF, mendapat GAPOK 2000000 dan TUNJANGAN 800000
jika kode pegawai=KAR maka JABATAN=KARYAWAN, mendapat GAPOK 1500000 dan TUNJANGAN 600000
jika kode pegawai=CAR maka JABATAN=CARAKA, mendapat GAPOK 1000000 dan TUNJANGAN 500000


C. STATUS ADALAH
jika kode pegawai = L maka STATUS = laki-laki
jika kode pegawai = P maka STATUS = wanita

D. PAJAK ADALAH
jika GOL 1 dikenakan PAJAK 15% dari GAPOK
jika GOL 2 dikenakan PAJAK 10% dari GAPOK
jika GOL 3 dikenakan PAJAK 5% dari GAPOK
jika GOL 4 tidak dikenakan PAJAK

E. KODE PEGAWAI
A1DIRDP
B2STASL
C3KARKL
D4PERPL
B2STASP
C3KARKP

Untuk menyelesaikan permasalahan di atas, maka dapat disederhanakan dengan dengan membuat tabel berikut (data acuan adalah data Kode Pegawai), anda bisa mengembangkan dengan menggunakan data acuan lain.

1. Buat tabel data berikut:
Isi sel A35 dengan kode pegawai
( bagian tabel dengan background abu-abu akan dihitung dengan menggunakan formula)


2. Buat formula berikut
a.Pada sel B35 isi formula:
=IF(MID(A35,3,3)="DIR","DIREKTUR",(IF(MID(A35,3,3)="STA","STAF",(IF(MID(A35,3,3)="KAR","KARYAWAN","CARAKA")))))
b.Pada sel C35 isi formula:
=IF(LEFT(A35,2)="A1",1,(IF(LEFT(A35,2)="B2",2,(IF(LEFT(A35,2)="C3",3,4)))))
c.Pada sel D35 isi formula:
=IF(RIGHT(A35,1)="P","WANITA","LAKI-LAKI")
d.Pada sel E35 isi formula:
=IF(B35="DIREKTUR",2500000,(IF(B35="STAF",2000000,(IF(B35="KARYAWAN",1500000,1000000)))))
e.Pada sel F35 isi formula:
=IF(B35="DIREKTUR",1000000,(IF(B35="STAF",800000,(IF(B35="KARYAWAN",600000,500000)))))
f.Pada sel G35 isi formula:
=IF(C35=1,E35*0.15,(IF(C35=2,E35*0.1,(IF(C35=3,E35*0.05,0)))))
g. Gaji Bersih
=E35+F35-G35

3. Copy formula ke sell yang ada di bawahnya (B36 hingga H40)

4. hasilnya bisa dilihat seperti di bawah ini



5. Jika anda ingin mendownload source file excelnya bisa download disini

Mencari data ganda (duplikat) dalam satu kolom di excel 2003

Dalam bahasa excel kali ini, kita akan membahas fungsi dasar excel buat adik-adik sd,smp dan sma (kalo adik2 mahasiswa pasti sudah terbiasa menggunakan fungsi ini) yang mungkin belum tahu mencari data ganda (duplikat data) dalam sebuah kolom,bisa menggunakan cara berikut.

1. Buat data dalam seperti berikut:
a. Pada kolom A ketik nama teman-teman anda (usahakan ada yang anda ketik dengan ganda)
b. Pada kolom B biarkan kosong (nanti diisi dengan formula)

duplikat excel 2003

2. Pada sel B2 ketik formula :
=IF(MAX(COUNTIF(A2:A11,A2:A11))>1,"Duplikat","Unik")
Kopi formula hingga sel B11
dari hasil terlihat bahwa:
andi dan ghalib mempunyai duplikat.


excel 2003
Jika ingin mendownload file excelnya bisa gunakan link berikut

Mencari data ganda (duplikat) pada sheet yang berbeda di excel 2003

Berikut ini adalah penggunaan fungsi excel untuk mencari data ganda (duplikat). Dalam kasus ini di sheet1 berisi daftar nama yang sudah dikoreksi menggunakan cara berikut. kemudian pada sheet2 dibuat daftar nama yang berbeda dengan daftar nama pada sheet1. Dengan harapan pada sheet2 tidak ada data nama yang sama dengan data nama pada sheet1, maka perlu dilakukan pengujian.

Berikut prosedur yang anda bisa lakukan:
1. Pada sheet1 buat tabel berikut:
isi dengan daftar nama


data ganda excel

2. Pada sheet2 buat tabel data daftar nama berikut
kolom c dibiarkan kosong, karena akan diisi formula

duplikat data excel
3. Pada sel C2, ketik formula berikut
=NOT(ISERROR(VLOOKUP(B2,sheet1!B2:B9,1,0)))
Copy formula C2 hingga ke sel C13

Catatan:
Jika status pada kolom C = True, berarti data tersebut telah ada pada sheet1, berarti mengalami duplikat.

excel 2003
Jika anda ingin mendownload file excelnya, bisa gunakan link berikut

Menghitung biaya sewa kamar menggunakan fungsi vlookup di excel 2003

Berikut ini adalah contoh sederhana penggunaan fungsi vlookup untuk menghitung biaya sewa kamar. Dalam contoh ini saya membuat tabel kerja dan tabel referensi dibuat beda sheet.

Data baku yang saya peroleh dari teman adalah seperti di bawah ini


fungsi vlookup
1. Untuk memudahkan menyelesaikan masalah di atas, maka pada sheet1 dibuat tabel kerja sebagai berikut:
(Sel dengan background hijau adalah data input No urut, ID, dan nama pemesan)
(Sel dengan background coklat diisi dengan formula)

vlookup excel 2003
2. pada sheet2 buat tabel referensi seperti di bawah ini

vlookup
3. Aktifkan sheet1. Buat formula berikut:
pada sel D4 ketik :
=VLOOKUP(B4,Sheet2!$A$4:$D$12,2,0)
pada sel E4 ketik:
=VLOOKUP(B4,Sheet2!$A$4:$D$12,3,0)
pada sel F5 ketik:
=VLOOKUP(B4,Sheet2!$A$4:$D$12,4,0)
pada sel H5 ketik:
=F4-G4

Hasilnya seperti gambar di bawah ini

ms excel 2003
Jika ingin mendownload file excel bisa gunakan link berikut

Fungsi if , date, if(fungsi text) untuk menghitung biaya sewa cd

Berikut ini kita akan mencoba menggunakan fungsi if ,fungsi date (tanggal) dan fungsi text (left), untuk menghitung biaya sewa cd. (rental cd).

Dalam contoh ini dibuat referensi tentang fungsi Fungsi if , date, text excel 2003

a. Biaya CD
untuk keping cd /vcd (film atau program) , 2500/hari
untuk keping dvd (film atau program) , 5000/hari

b. Biaya denda keterlambatan pengembalian CD
untuk keping cd /vcd (film atau program) , 1000/hari
untuk keping dvd (film atau program) , 2000/hari

c. Kode CD
CF cd film
CP cd program
DF dvd film
DP dvd program

d. limit sewa (batas sewa cd)
jika cd yang dipinjam  4 atau lebih maka limit 3 hari
jika cd yang dipinjam  3 maka limit 2 hari
jika cd yang dipinjam  1 atau 2 maka limit 1 hari

Untuk lebih jelasnya bisa buat tabel berikut:

1. Tabel data


kolom d,g,h,i,j ,k akan diisi formula
kolom e dan f dalam format date (english) anda bisa mengubah ke dalam format tanggal indonesia
kolom g diformat ke general atau number

2. Formula
Ketik formula berikut
a. sel D4
=IF(C4>3,3,IF(C4>2,2,1))
b. sel G4
=F4-E4
catatan: sel G4 d format ke dalam format number atau general
blok sel G4 sampai G7 pilih format - cell - number - general

c. sel H4
=IF(G4>D4,"denda","tidak")

d. sel I4
=IF(LEFT(B4,1)="C",C4*2500,C4*5000)

e. sel J4
=IF(LEFT(B4,1)="C",(G4-D4)*1000*C4,(G4-D4)*2000*C4)
f. sel K4
=I4+J4

Hasilnya seperti di bawah ini


Anda bisa download file excelnya disini fungsi if date text

Fungsi IF (OR) untuk menghitung biaya tiket kereta api

Fungsi IF (OR) di  microsoft excel 2003  digunakan jika kita menginginkan salah satu dari beberapa syarat terpenuhi agar logika bernilai benar. Dalam contoh ini kita mencoba menggunakan fungsi IF (OR) excel 2003 untuk menghitung discount biaya tiket kereta api.

Contoh:
Dalam rangka hari ibu nasional, maka tiket kereta api akan memberikan diskon kepada penumpang
a. Jika jenis kelamin wanita atau anak-anak umur <=10 tahun, diskon tiket 40%
b. Selain di atas diskon 10%.

Untuk membuat formulanya di excel 2003, lakukan prosedur berikut:

1. Buat tabel seperti di bawah ini




2. Ketik formula
a. Di sel F4
=IF(OR(C4="W",D4<=10),E4*0.4,E4*0.1)
b. Di sel G4
=E4-F4
Copy formula hingga baris 9

Hasilnya seperti di bawah ini


Anda bisa download file excelnya disini fungsi if(or)excel

Fungsi if (AND) untuk menghitung gaji tunjangan THR karyawan

Penggabungan fungsi IF (AND) excel 2003 digunakan jika menginginkan minimal 2 syarat pernyataan atau lebih untuk logika bernilai benar. Sebagai contoh menggunakan fungsi IF(AND) di excel 2003 untuk menghitung tunjangan hari raya pegawai berdasarkan jenis kelamin dan usia, kedua sayarat ini (jenis kelamin dan usia) mempengaruhi besar tunjangan THR yang akan diterima.

Sebagai referensi:
Jika Jenis kelamin laki-laki dan usia >=40, maka THR = 10% dari gaji
Jika Jenis kelamin laki-laki dan usia >=32, maka THR = 15% dari gaji
Selain di atas THR=2% dari gaji

Untuk membuat formulanya, bisa menggunakan fungsi IF(AND)

1. Buat tabel seperti di bawah ini



2. Masukkan formula
a. Sel E4
=IF(AND(B4="L",C4>=40),D4*10%,IF(AND(B4="W",C4>=35),D4*15%,D4*2%))
b. Sel F4
=D4+E4

Hasilnya akan terlihat seperti di bawah ini


Anda bisa download file excelnya disini Fungsi IF(AND)

Fungsi CONVERT untuk konversi temperatur (suhu) di excel 2003

Fungsi convert bisa digunakan untuk melakukan konversi satuan-satuan di excel 2003. Salah satu yang tersedia adalah konversi temperatur Celcius, Fahrenheit, dan Kelvin. Dalam fungsi konversi temperatur di excel hanya tersedia ketiga satuan temperatur di atas.

Agar fungsi convert dapat berfungsi maka pertama kali harus mengaktifkan analysis toolpak excel 2003.

Untuk lebih mudahnya bisa lakukan prosedur berikut:

1. Buat tabel berikut:





2. Pada bagian tabel yang beckground berwarna abu abu akan dibuat formula:
a. Sel C5
=CONVERT(A5,"C","F")
b. Sel E5
=CONVERT(A5,"C","K")
c. Sel C8
=CONVERT(A8,"F","K")
d. sel E8
=CONVERT(A8,"F","C")
e. sel C11
=CONVERT(A11,"K","C")
f. sel  E11
=CONVERT(A11,"K","F")

Hasilnya akan terlihat seperti di bawah ini


Anda cukup mengganti nilai pada tabel background kuning , maka otomatis nilai pada background abu-abu akan dihitung.

File excelnya bisa didownload disini fungsi convert

Beberapa postingan lain yang membahas tentang excel bisa dilihat disini panduan excel

Fungsi IF Nested (IF Bersarang) di excel 2003

Berikut ini adalah contoh penggunaan fungsi IF nested excel 2003 yang bisa juga disebut IF bersarang atau IF bercabang.

Dalam contoh kita akan mencoba merumuskan pernyataan berikut:

Jika PERSONAL maka nilainya 3500
Jika PAKET 1 maka nilainya 9000
Jika PAKET 2 maka nilainya 13000

Untuk mudahnya buat tabel seperti di bawah ini:




Di kolom C akan diisi rumus atau formula yang menggunakan fungsi IF
Di sel C3 ketik formula berikut:
=IF(B3="Personal",3500,IF(B3="Paket 1",9000,13000))
Kopi formula hingga baris ke sepuluh.
Hasilnya seperti di bawah ini


Beberapa postingan lain yang membahas tentang excel bisa dilihat disini panduan excel 2003

Menggunakan fungsi text , middle (MID) untuk memilih karakter yang panjangnya berbeda

Salah satu fungsi text yaitu fungsi middle bisa digunakan untuk memilih teks yang panjang karakternya berbeda, sebagai contoh di sel A4 nilainya a0001 b23, di sel A5 nilainya a0001 b2456 , kita hanya ingin memilih angka atau karakter yang ada di belakang a00001. Untuk memilihnya bisa menggunakan fungsi MID

Sebagai contoh, panduan menggunakan fungsi text MIDDLE di excel 2003, ikuti prosedur berikut:

1. Buat tabel data seperti di bawah ini





2. Di sel B5 ketik formula
=MID(A4,8,12)
keterangan:
A4 adalah alamat/lokasi data yang akan dipilih
angka 8 berarti karakter yang dipilih dimulai dari karakter ke 8, (spasi tetap dihitung 1 karakter)
angka 12 adalah jumlah karakter terpanjang,

Hasilnya akan tampak seperti di bawah ini:

Mengubah huruf besar menjadi huruf kecil di excel 2003


Mengubah huruf besar menjadi huruf kecil, atau mengganti huruf kecil menjadi huruf besar di excel 2003 bisa dilakukan dengan menggunakan fungsi text yang disediakan oleh excel 2003. Fungsi ini sama dengan fungsi "change case" di word 2003.

Fungsi Text di Microsoft excel 2003  yang akan digunakan untuk mengubah huruf (change case) adalah:
1. PROPER (Mengubah semua huruf awal setiap kata menjadi huruf besar)
2. UPPER (Membuat semua huruf menjadi huruf besar)
3. LOWER (Mengganti semua huruf menjadi huruf kecil)



Berdasarkan data dari help offline excel 2003, ada beberapa fungsi text seperti:
ASC Changes full-width (double-byte) English letters or katakana within a character string to half-width (single-byte) characters
BAHTTEXT Converts a number to text, using the ß (baht) currency format
CHAR Returns the character specified by the code number
CLEAN Removes all nonprintable characters from text
CODE Returns a numeric code for the first character in a text string
CONCATENATE Joins several text items into one text item
DOLLAR Converts a number to text, using the $ (dollar) currency format
EXACT Checks to see if two text values are identical
FIND Finds one text value within another (case-sensitive)
FIXED Formats a number as text with a fixed number of decimals
JIS Changes half-width (single-byte) English letters or katakana within a character string to full-width (double-byte) characters
LEFT Returns the leftmost characters from a text value
LEN Returns the number of characters in a text string
LOWER Converts text to lowercase
MID Returns a specific number of characters from a text string starting at the position you specify
PHONETIC Extracts the phonetic (furigana) characters from a text string
PROPER Capitalizes the first letter in each word of a text value
REPLACE Replaces characters within text
REPT Repeats text a given number of times
RIGHT Returns the rightmost characters from a text value
SEARCH Finds one text value within another (not case-sensitive)
SUBSTITUTE Substitutes new text for old text in a text string
T Converts its arguments to text
TEXT Formats a number and converts it to text
TRIM Removes spaces from text
UPPER Converts text to uppercase
VALUE Converts a text argument to a number

Agar lebih mudahnya bisa dilihat contoh di bawah ini:
Di selA3 ketik sebuah kalimat yang berisi kombinasi huruf besar dan kecil yang tidak beraturan, misalnya:
tuLIsan ini Awalnya kacau baLau

Selanjutnya kita coba terapkan fungsi text :
a. Di sel B6 ketik formula
=UPPER(A3)
b. Di sel B7 ketik formula
=LOWER(A3)
c. b. Di sel B8 ketik formula
=PROPER(A3)

Hasilnya akan terlihat seperti di bawah ini



Beberapa postingan lain yang membahas tentang excel bisa dilihat disini panduan excel 2003

Fungsi floor sebagai pengganti fungsi IF untuk menghitung nilai sebuah interval yang konstan


Dalam microsoft excel 2003,jika menggunakan fungsi IF kita bisa menghtung sebuah penyataan logika namun jika menggunakan if nested (IF bercabang) hanya dibatasi sampai 8 percabangan. Salah satu alternatif untuk menggantikan fungsi IF adalah fungsi Floor excel ,proses pengulangannya tidak terbatas.

Sebagai contoh:
Jika angka 1 sampai 50 maka bobotnya 1
Jika angka 51 sampai 100 maka bobotnya 2
Jika angka 101 sampai 150 maka bobotnya 3
dan seterusnya

Dari kasus di atas terlihat interval angka yang akan dijadikan pernyataan adalah 50, dengan anggapan interval tersebut bersifat konstan.
Berdasarkan informasi dari help excel 2003
Sintax :
FLOOR(number,significance)
Number    is the numeric value you want to round.
Significance    is the multiple to which you want to round.


Agar lebih mudahnya bisa lihat contoh penggunaan fungsi floor di bawah ini,

1. Buat tabel seperti berikut:
Kolom A berisi angka acak , kemudian kolom B (Bobot) akan diisi dengan formula yang berisi fungsi FLOOR





 2. Di sel B3 ketik formula
=FLOOR((A3+49)/50,1)


Hasilnya akan tampak seperti di bawah ini :


Untuk kasus lain yang lebih kompleks, jika intervalnya tidak konstan bisa menggabungkan fungsi IF dan FLOOR .

Cara menggunakan fungsi IF VLOOKUP di excel 2003


Salahsatu fungsi yang tersedia di excel adalah fungsi logika IF, fungsi IF dapat digabungkan dengan berbagai fungsi-fungsi excel lainnya. Dalam contoh ini akan dibahas tentang cara menggabungkan fungsi IF dan VLOOKUP di excel 2003.

Postingan ini sebagai jawaban buat teman yang pernah menanyakan tentang cara menggabungkan fungsi IF VLOOKUP, mudah-mudahan bisa sedikit memberikan gambaran tentanng penggunaan fungsi if di excel.

Dalam kasus ini saya menganggap di tabel referensi ada 2 jenis varibel yaitu variable yang relatif tetap dan variable yang berubah bergantung pada tahun yang berlaku.

Agar lebih mudahnya bisa buat 2 buah tabel seperti di bawah ini :

1. Buat tabel kerja dan tabel referensi berikut:
Kosongkan sel D4 dan sel E4 , karena akan diisi dengan formula yang berisi fungsi IF dan VLOOKUP




2. Selanjutnya di sel D4 ketik formula :
=VLOOKUP(C4,$G$4:$J$7,2)
Formula pada D4 hanyalah formula yang menggunakan fungsi VLOOKUP saja, hanya digunakan sebagai bahan pembanding terhadap formula IF+VLOOKUP.  Formula pada sel D4 tidak berkaitan dengan formula pada sel E4
Catatan:
Tanda $ pada range $G$4:$J$7 menandakan alamat / range absolut, untuk mengatifkannya bisa gunakan tombol F4 . Jika kesulitan ketik saja formula $-nya secara manual.

Di sel E4 ketik formula
=IF(B4=2010,(VLOOKUP(C4,$G$4:$J$7,3,0)),(VLOOKUP(C4,$G$4:$J$7,4,0)))

Hasilnya akan terlihat seperti di bawah ini:



Jika ingin mendownload file excelnya bisa klik disini fungsi IF VLOOKUP