Total Tayangan Halaman

Kamis, 29 Desember 2011

Tone Warna Photoshop



Bermain warna atau Tone Warna di Photoshop - Menurut saya pribadi semua warna itu indah, semua warna itu bagus, tinggal  bagaimana kita mengharmoniskan warna dalam satu foto agar tampak lebih indah untuk di lihat, ada yang pernah mengatakan pada saya : " jangan terlalu banyak sentuhan, nanti hasil akhir foto akan kehilangan kenaturalan nya " pendapat ini tidak sepenuh nya benar, karna tiap pengolah berhak secara mutlak menumpahkan semua ide yang dia punya, hasil akhir semua kita serahkan kepada yang melihat nya, mau jelek... kurang bagus... hilang kealamian atau apalah semua tergantung selera masing masing yang melihat. okelah sekian dulu intro nya kita langsung aja ke tutorial.

Disini saya memiliki Foto dengan warna hijau mendominasi, dan foto ini juga berwarna agak kekuningan efek dari kelemahan kamera Sony DSC W-310 saya dalam pengaturan White Balance.


Sebelum saya melanjutkan tutorial ini, saya akan kembali mengingatkan Newbie Photoshoper untuk Berkhayal, menghayalkan Mau seperti apa hasil akhir dari foto ini, Penting kah ini.... Ya.. menurut saya ini sangat penting, saya pernah membahas ini pada Cara edit Foto yang Benar selain mengasah imajinasi kita, dengan berkhayal sebelum memulai mengolah juga bisa menjadi patokan untuk hasil akhir foto yang kita olah. lanjut ke Step 1
STEP 1
di foto ini saya ingin mendapati hasil akhir warna hijau agak kebiruan tapi dengan density yang tidak terlalu keras. untuk mewujudkan imajinasi saya, STEP Pertama saya akan bermain pada Channel Mixer Adjusment. Klik New Fill or Adjusment Layer pada Pallete layer, untuk yang belum tahu letak New Fill or Adjusment Layer bisa baca postingan saya sebelum nya Mengenal Pallete Layer kemudian pilih Channel Mixer. Output Channels biar kan tetap pada Warna Red, Source Channels Red masukkan nilai 142%, Green -141%, Kemudian Blue 107%


 
STEP 2
<p>Your browser does not support iframes.</p>
di Step 2 ini kita akan mengatur Color Balance, karna saya tidak menyukai effect kekuningan pada foto ini. Color Balance bukan satu-satu nya cara untuk menghilangkan Efek negatif dari kesalahan White Balance Kamera, Photo Filter Adjusment juga bisa kita gunakan untuk mengkoreksi Kesalahan White Balance Pada Kamera, tapi... pada foto ini saya akan mempergunakan Color balance, selain untuk mengurangi efek kekuningan, saya juga ingin memberi kan sedikit warna agak kebiruan pada foto ini.
kembali Klik New Fill or Adjusment Layer pada Pallete layer, lalu pilih Color Balance, Pastikan Tone Balance nya pada bagian Midtones, atur nilai Cyan menjadi -23, Magenta -15 dan Blue +22.




STEP 3
sekarang saya akan menurunkan Density warna hijau yang saya rasa masih sangat keras pada foto ini, di awal saya sudah berkomitmen mengenai hasil akhir nya yaitu warna hijau agak kebiruan dengan density yang soft. kembali klik New Fill or Adjusment Layer pada Pallete layer, lalu pilih Selective Color. di opsi color pada selective color disini kita hanya akan merubah opsi warna hijau, cyan, putih dan black. pertama warna hijau, ubah opsi color ke Greens
Greens : Cyan -73 Magenta -53 Yellow -39 Black -90
Lalu pindah ke opsi warna Cyan
Cyans : cyan +7 Magenta -22 Yellow -54 Black -42
lanjut ke warna Whites
Whites : cyan 0 Magenta -5 Yellow -12 Black -6
terkahir kita akan mengatur waran Hitam nya
Blacks : cyan +12 Magenta -4 Yellow +6 Black +1
Selesai pengaturan Selective Color hasil akhir nya akan seperti ini

STEP 4
Finishing...beri sedikit sentuhan efek cahaya datang, dengan menggunakan Gradient tool.
cek opsi dari Gradient Tool pastikan opsi berada pada Foreground to Transparant.


Pilih warna Foreground menjadi warna hijau muda atau hijau lumut, disini saya memilih warna dengan kombinasi RGB #ddebbd " tarik dari sudut kiri atas sisi luar kanvas kerja sampai hampir ke bagian muka "


hasil akhir nya kira kira akan seperti ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar